Contact Info
Lokasi

Jl. Soga No. 46 Tahunan, Kec. Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

[email protected] +62 813-2930-8729

Level Up Career #4: Soft Skill

By Kemas Ahmad Adnan

Kemampuan seseorang dalam bekerja adalah aset yang paling berharga dalam dunia profesional. Kemampuan Ini beragam dan dibangun dengan banyak cara, namun untuk talenta IT, biasanya kemampuan coding adalah yang paling dihargai dengan baik

Namun tahukah kamu?, “bekerja” tidak hanya melibatkan kemampuan teknis saja, namun juga terlibat dengan “manusia”. Kemampuan yang melibatkan manusia, baik dari diri sendiri ataupun ketika terhubung dengan manusia lain dinamakan soft-skill.

Nah, Sobat Coding pasti penasaran kan, apa itu soft-skill? mengapa orang IT harus ngembangin soft-skill? bukannya yang dihargai paling besar adalah kemampuan teknis?Berikut artikel singkat yang akan membahas apa itu soft-skill dan mengapa soft-skill penting buat kalian mahasiswa IT!

Soft Skill itu apa?

Soft Skill adalah kemampuan yang berkaitan dengan ciri karakter atau kemampuan interpersonal yang mempengaruhi kemampuan seseorang berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Dalam definisi lain, soft skill bisa dijelaskan sebagai kecerdasan sosial yang melekat dan mempengaruhi kemampuan adaptasi dengan lingkungannya.

Soft Skill dalam hubungannya dengan hard skill sifatnya adalah komplementer. Artinya kedua skill tersebut saling melengkapi dan mempermudah implementasinya di setiap masalah.

Hard Skill adalah kemampuan teknis yang didapatkan seseorang melewati pelatihan, bidang akademik, dan pembelajaran yang terhubung dengan kemampuan menyelesaikan masalah teknis. Normalnya, mahasiswa IT sudah memiliki basis hard skill yang kuat lewat pembelajaran akademik ataupun otodidak. Akan tetapi, dunia kerja tidak sesederhana perihal soal kemampuan hard skill saja.

Dalam dunia kerja, kemampuan hard skill dan soft skill sama-sama diuji. Jika hard skill menyangkut hubungan Sobat Coding dengan pekerjaannya, soft skill terhubung dengan kemampuan interpersonal dan sosial. Motivasi, time management, disiplin, adaptasi, kerjasama, dan komunikasi efektif dinilai sangat besar karena hubungan kerja tidak dibatasi dengan satu pihak saja, akan tetapi dari banyak pihak yang memiliki berbagai latar belakang.

Semakin baik kemampuan soft skill kalian, semakin baik juga pihak-pihak tersebut menilai kalian diluar level hard skill yang sudah kalian miliki.

      1. Komunikasi yang Efektif: Kemampuan untuk menyampaikan ide-ide kompleks secara jelas dan mudah dimengerti kepada berbagai audiens, baik itu rekan kerja, atasan, atau klien, sangat penting dalam menyatukan tim, menghindari kesalahpahaman, dan memastikan proyek berjalan lancar.
      2. Kemampuan Kolaborasi: IT seringkali melibatkan kerja tim yang intensif. Kemampuan untuk bekerja sama dengan anggota tim lain, berbagi pengetahuan, menghargai berbagai sudut pandang, dan mencapai tujuan bersama merupakan kunci untuk sukses dalam proyek IT.
      3. Kemampuan Problem-Solving: Kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif adalah keterampilan yang sangat dihargai dalam dunia IT. Kemampuan ini membantu dalam mengatasi tantangan teknis dan menemukan solusi kreatif untuk masalah yang kompleks.
      4. Fleksibilitas dan Keterbukaan Terhadap Perubahan: Dunia IT terus berkembang dengan cepat, dan seringkali menghadapi perubahan yang tiba-tiba dan tak terduga. Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, belajar hal baru dengan cepat, dan tetap fleksibel adalah keterampilan yang sangat penting.
      5. Kemampuan Manajemen Waktu: IT seringkali melibatkan jadwal yang ketat dan proyek-proyek yang kompleks. Kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik, mengidentifikasi prioritas, dan menyelesaikan tugas-tugas dengan efisien sangat penting untuk sukses dalam lingkungan kerja IT.
      6. Kemampuan Analisis: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dengan akurat adalah keterampilan yang sangat bernilai dalam industri IT. Kemampuan ini membantu dalam membuat keputusan yang informasi berbasis data dan mengidentifikasi tren atau masalah yang mungkin muncul.
      7. Pengelolaan Konflik: Konflik dapat terjadi dalam tim atau antara berbagai pihak yang terlibat dalam proyek IT. Kemampuan untuk mengelola konflik dengan bijaksana, berkomunikasi secara efektif, dan mencari solusi yang memuaskan semua pihak adalah keterampilan yang sangat penting.
      8. Kreativitas dan Inovasi: Kemampuan untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi-solusi inovatif untuk masalah-masalah yang kompleks merupakan aset berharga dalam dunia IT yang terus berkembang.
      9. Kemampuan Manajemen Proyek: Memiliki pemahaman tentang prinsip-prinsip manajemen proyek, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pemantauan proyek, sangat penting untuk kesuksesan dalam memimpin atau berpartisipasi dalam proyek IT.
      10. Kesadaran akan Bisnis: Memiliki pemahaman yang kuat tentang konteks bisnis di mana proyek IT beroperasi, termasuk kebutuhan pengguna, tujuan bisnis, dan lingkungan kompetitif, membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan memberikan nilai yang lebih besar bagi perusahaan.

Nah itu dia penjelasan singkat apa dan bagaimana bentuk dari soft skill yang ada di dunia kerja IT sebagai salah satu cara level up karir Sobat Coding. Dalam dunia profesional, soft skill dapat membantu kalian terhubung dengan lebih banyak orang dan meningkatkan peluang kalian menjadi ahli IT yang memiliki kesan kuat.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya, let’s connect and grow!

Post a Comment