Contact Info
Lokasi

Jl. Soga No. 46 Tahunan, Kec. Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167

[email protected] +62 813-2930-8729

5 Hobi yang wajib dicoba Programmer!

By Kemas Ahmad Adnan

Dalam kehidupan yang penuh tekanan dan terasa sepi, seseorang terkadang rawan mengalami stress. Stress yang dirasakan tidak bisa dipandang remeh. Dampak dari stress kepada seseorang bisa begitu mematikan jika tidak dihadapi dengan sungguh-sungguh.

Stress timbul dari berbagai sebab. Selain karena tekanan tanggung jawab orang dewasa, tekanan dari pekerjaan yang dihadapi juga bisa menjadi salah satu alasan banyak orang dewasa mengalami stress. Salah satu cara untuk menghadapi rasa stress adalah dengan memiliki hobi.

Hobi tidak hanya memulihkan rasa stress yang dihadapi dalam pekerjaan, tapi hobi juga dapat menjadi sarana meningkatkan produktivitas dan datangnya inspirasi bagi seorang programmer. Kalian penasaran? silahkan dibaca.

Apakah Hobi bisa membantu Programmer?

Hobi adalah suatu kegiatan yang dipilih dan dilakukan secara berulang-ulang dengan mendalam atas dasar rasa suka. Selain rasa suka, hobi juga bisa menjadi sarana untuk mencari inspirasi dan pandangan baru yang dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Sebagai seorang programmer yang bersinggungan dengan aktivitas yang memerlukan ketelitian, stress bisa menjadi salah satu ancaman dalam pekerjaan. Selain aktivitas yang memerlukan ketelitian, programmer juga didorong untuk menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, dan proaktif. 

Memilih hobi yang tepat untuk mendukung hardskill dan softskill yang dimiliki programmer penting karena dapat membantu meningkatkan produktivitas dan pencarian inspirasi untuk menciptakan hasil kerja yang berkualitas.

Nah tanpa basa-basi, berikut rekomendasi hobi yang bisa dicoba dari sekarang oleh Sobat Coding!

sumber: Google Image

Mengumpulkan, merakit, dan mengoleksi mainan sudah menjadi salah satu hobi yang paling digemari di seluruh dunia. Keseruan datang dari kegiatan yang terhubung dengan kebebasan mewujudkan scene imajinatif dengan meraih karakter favorit dalam koleksi. Lego, Gundam, Anime/Game Action Figure adalah beberapa jenis mainan yang sering dikumpulkan dan dikoleksi oleh pecinta hobi ini di seluruh dunia.Nah bagi Sobat Coding yang suka dengan pop culture Jepang dan Amerika seperti Anime dan Game, bisa mencoba kegiatan merakit dan mengoleksi mainan. Dijamin bakalan nagih!

sumber: Google Image

Game adalah salah satu aplikasi atau platform entertainment yang cukup populer belakangan ini. Game sudah dikembangkan dalam berbagai bentuk dan genre serta memiliki tantangan dan strateginya sendiri. Lewat hal ini, Game dapat menjadi sarana programmer melatih kemampuan berpikir kreatif dan out-of-the box guna menyelesaikan tantangan coding yang ada.

Sebagai calon programmer, Sobat Coding bisa menjadikan hobi bermain game salah satu sarana untuk menghadapi rasa stress (utamakan bukan game yang kompetitif yah!) dan rehat sejenak dari pekerjaan coding yang terkadang menyita banyak waktu serta tenaga. Semangat!

sumber: Pexels.com/Nothing Ahead

Olahraga masuk ke dalam daftar hobi yang harus dicoba karena terbukti memiliki banyak manfaat yang berkaitan dengan mengelola stress dan meningkatkan produktivitas. Olahraga memiliki fungsi tidak hanya menguatkan dan meningkatkan stamina tubuh, yang terhubung dengan level fokus, tapi juga meningkatkan kesehatan secara umum.

Umumnya, jenis olahraga yang biasa dilakukan oleh teman-teman programmer adalah futsal dan badminton, namun tidak terbatas pada 2 olahraga tersebut. Selama Sobat Coding bisa menikmati dan merasakan benefitnya, olahraga apapun bisa dilakukan. Jangan lupa jaga kesehatan loh ya!

sumber: Pexels.com/Cottonbro Studio

Selain olahraga, musik baik yang dimainkan dan didengarkan telah terbukti menjadi kegiatan yang berperan dalam mengatasi stress, meningkatkan mood dan produktivitas. Musik yang dimainkan dengan dalam berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif yang ada di dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, mendengarkan musik juga terbukti dapat meningkatkan mood dan menghadapi stress dengan baik.

Karena musik memiliki banyak manfaat, Sobat Coding jangan lupa ya untuk mencoba bermain musik sesimple gitar. Selain itu, siapkan playlist terbaik kalian setiap paginya untuk didengarkan sebelum bekerja agar kalian merasa fresh dan produktif. Penting dikala bekerja menghindari lagu-lagu yang bertema sedih biar kalian ga ikut sedih juga ya!

sumber: Pexels.com/Mikhail Nilov

Menulis adalah salah satu kegiatan bermanfaat selanjutnya yang patut dicoba. Tidak hanya berdampak dalam meningkatkan kemampuan coding programmer, menulis juga bisa menjadi langkah mendorong produktivitas, rasa familiar dengan berpikir cepat, dan kebermanfaatan karena berbagi pengetahuan bagi pembaca. Menulis juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah, menyederhanakan konsep kompleks, dan mendapatkan ide.Menulis tidak harus dilakukan dengan membahas hal-hal yang berat loh, namun bisa dimulai dengan menulis artikel sederhana dengan topik seputar hobi dan pengetahuan yang Sobat Coding anggap menarik seperti yang ada disini. Lakukan perlahan aja ya!

Nah itu dia beberapa ide hobi yang bisa dicoba oleh programmer. Sobat Coding yang berkeinginan untuk menjadi programmer perlu memiliki kehidupan diluar pekerjaan agar meraih hidup yang seimbang sehingga ancaman stress bisa dihadapi dengan lebih baik. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Post a Comment